Dokter Nicolaas Budhiparama, ahli ortopedi yang menangani Taufik sejak tahun 2000

Dokter Nicolaas Budhiparama, sang spesialis bedah tulang, memberikan rekomendasi agar Angelique Widjaja lebih berkonsentrasi pada pemulihan cedera tendonitis di lutut kirinya

Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Indonesia ini juga dikenal sebagai dokter sejumlah atlet top negeri ini

CAOS merupakan metode operasi bedah tulang dengan bantuan komputer yang mampu membantu dan menunjukkan visualisasi organ yang di operasi secara jelas pada layar monitor

Dengan implan terbaru total knee replacement, sendi lutut bisa ditekuk dengan lebih baik dan bertahan hingga 25 tahun.

Dari kursi kerja Anda, lahir penyakit yang kini sangat populer. Nyeri Punggung Bawah alias Low Back Pain disinyalir sebagai penyakit nomor dua setelah nyeri kepala.

Selama ini, banyak penderita kanker tumor tulang yang tak tertolong, dikarenakan cara pengobatan yang tidak tepat. Amputasi bukan saja telah menyebabkan penderita kehilangan bagian tubuhnya, tetapi juga kerap mempercepat kematian.

Apa itu Osteoporosis? Kenapa penyakit itu banyak diderita kaum wanita? Apa gejalanya? Bagaimana cara mengatasinya? Apa hubungannya dengan olahraga yang berlebihan?

Teknik baru operasi penggantian sendi lutut dengan bantuan komputer. Mengurangi komplikasi, infeksi, alergi, dan pembekuan darah

Seiring meningkatnya jumlah penduduk berusia lanjut dunia, maka penyakit-penyakit degeneratif pun semakin banyak ditemukan, misalnya penyakit osteoartritis

"Like a Miracle from God"
by Nicolaas C. Budhiparama, MD

Thank you to our reviewers 2016
The Editor would like to publicly acknowledge the people listed below who served as reviewers on the journal during 2016. Without their efforts, the quality of the journal could not be sustained.

On May 14th, 2013, Dr. Nicolaas C. Budhiparama was honored and recognized among his peers as one of the Founding Godfathers for ISAKOS Global Connection Campaign at Fairmont Royal York Hotel in Toronto, Canada during one of the ceremonies at ISAKOS 2013 Biennial Meeting. This distinguished honor is given to the original 18 Godfathers of the global initiative when it was first launched in Rio de Janeiro in 2011. At the core of this endeavor is a determination to provide high quality and accessible education programs to a global audience.

Jangan pernah menganggap sepele rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di lutut, terutama bila usia sudah mendekati paruh baya. Bisa jadi itu merupakan pertanda awal osteoartritis. Meskipun tidak mematikan, penyakit yang menyerang tulang rawan pada sendi lutut ini bisa membuat penderita menghabiskan sisa hidup di atas kursi roda.
Osteoartritis ini sering menimpa mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Diperkirakan 25-30 persen orang berusia 45-64 tahun mengalaminya. Semakin lanjut usia, kemungkinan terkena osteoartritis makin besar. Peluangnya bisa mencapai 85 persen.

Bau daging terbakar tercium di kamar operasi Rumah Sakit Medistra, Jakarta, Selasa pagi pekan lalu. Asap tipis juga terlihat berbarengan dengan terdengarnya suara" sret...sret...". Dokter di rumah sakit itu bukan tengah mengadakan pesta barbeque. Bau daging dan asap muncul saat cauter listrik di tangan Dokter Nicolaas C. Budhiparama, spesialis bedah ortopedi dan traumatologi, menghentikan perdarahan di lutut pasien yang tengah dioperasi. Hal yang sama terjadi saat cauter memotong jaringan lunak di lutut kiri pasien berumur 62 tahun pengidap pengapuran sendi (osteoartritis) ini.

Prayitno, seorang pemuda lajang berusia 38 tahun, dua tahun lalu mengeluh sakit pada perut bagian bawah sebelah kiri. Setelah keluar masuk berbagai macam rumah sakit, akhirnya ia menerima vonis: keluhan di perutnya akibat tumor tulang ganas.
Sempat kaget dan panik, akhirnya Prayitno pasrah. Apalagi ketika diperlihatkan foto pertumbuhan tumor yang begitu cepat. Katanya melukiskan suasana saat itu. Persis jamur yang tumbuh subur, tambah ibunya.

Total Knee Replacement Atasi Osteoarthritis

Penderita yang mengalami kerusakan pada tulang sendi (osteoarthtritis) kini dapat diatasi dengan total knee replacement. Bahkan sejak tahun 2000, salah satu rumah-sakit di Indonesia, telah melakukan operasi total knee replacement terbanyak di kawasan Asia Tenggara.

Contact Form

Consultation managed by: